cover
Contact Name
Sabaruddin Yunis Bangun
Contact Email
pjkr@unimed.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
unisbgn@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal Physical Education, Health and Recreation
ISSN : 25489194     EISSN : 25489208     DOI : -
Core Subject : Health, Science,
Merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Medan, Jurnal ini membahas ilmu dibidang pendidikan jasmani, Kesehatan dan rekreasi. Journal Physical Education, Health and Recreation terbit 2 kali 1 tahun, terbitan pertama bulan oktober 2016. Artikel yang masuk ke Journal Physical Education, Health and Recreation akan di terima oleh editor untuk di teruskan ke editor bagian yang kemudian di teruskan lagi ke reviewer dengan blind peer review paling lama 4 minggu.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018): April" : 15 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN TGFU PADA SISWI KELAS VIII SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI Faizal Chan; Yuli Indrayeni
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 2, No 2 (2018): April
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v2i2.9590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran passing bawah bolavoli melalui pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) pada kelas VIII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Subjek yang diteliti sebanyak 20 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasi.  Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu, lembar observasi untuk guru dan siswa.  Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Teaching Games for Understanding (TGFU) dapat meningkatkan proses pembelajaran passingbawah kelas VIII SMP Negeri 11 Muaro Jambi.  Hasi penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa (1) Dengan menggunakan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGFU) siswa menjadi lebih aktif, senang dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran bolavoli, (2) Hasil belajar yang dicapai siswa meningkat dengan nilai rata-rata kelas 82,6% (Sangat Baik) kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah semakin baik. Berdasarkan uraian diatas maka hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu pendekatan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGFU) dapat meningkatkan kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli pada siswi kelas VIII di SMP Negeri 11 Muaro Jambi.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI GAYA MENGAJAR LATIHAN PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA DARUL ILMI MURNI KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2017/2018 Indrakasih Indrakasih; Salman Salman
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 2, No 2 (2018): April
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v2i2.9554

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan Informasi pemanfaatan penerapan gaya mengajar latihan dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar passing bawah bola voli kelas X SMA Swasta Darul Ilmi Murni tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas siswa X dengan jumlah siswa 22 yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui penerapan gaya latihan terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Untuk memperoleh data dalam penelitan ini maka dilakukan tes hasil belajar I yang berbentuk portofolio passing bawah bola voli. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari hasil belajar I diperoleh 11 siswa atau 50 % siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa 50% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 75. (2) Dari tes hasil belajar II dapat dilihat kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Terdapat 19 siswa atau 86.36% yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa 13.63 % belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar sisawa adalah 83.45. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar latihan dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA Swasta Darul Ilmi Murni Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018.
PERBANDINGAN METODE LATIHAN MENGGUNAKAN SATU BOLA DAN DUA BOLA SECARA BERSAMAAN TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING BOLA BASKET MELEWATI RINTANGAN MENGGUNAKAN TANGAN KANAN DAN KIRI PADA SISWA PUTRA KELAS VII SMP NEGERI 41 PALEMBANG Sopia Krama Mayasari; Fadlu Rachman; Yunita Lasma Siregar
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 2, No 2 (2018): April
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v2i2.9586

Abstract

Perbandingan Metode Latihan Menggunakan Satu Bola dan Dua Bola Secara Bersamaan Terhadap Keterampilan Dribbling Bola Basket Melewati Rintangan Menggunakan Tangan Kanan dan Kiri Pada Siswa Putra Kelas VII SMP Negeri 41 Palembang”. Penelitian ini penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode latihan yang lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan dribling bola basket, metode latihan satu bola ataukah dua bola secara bersamaan.  Berdasarkan hasil analisis data didapat rata-rata pretest kelompok satu bola 25,70 dan kelompok dua bola 25,52, lalu rata-rata posttest didapat kelompok satu bola 23,23 dan kelompok dua bola 23,43. Dari hasil tersebut didapat perbandingan rata-rata pretest dan posttest untuk kelompok satu bola sebesar 2,47 dan dua bola sebesar 2,09. Sedangkan hasil dari analisis varians didapat varians pretest kelompok satu bola 12,30 dan dua bola 10,12, maka didapat F-hitung pretest sebesar 1,21, lalu analisis varians posttest kelompok satu bola 10,36 dan dua bola 11,15, makan F-hitung posttest sebesar 1,07. Sehingga dari hasil analisis data F-hitung posttest 1,07 dan F-tabel didapat 3,14 maka Fhitung 1,07 > Ftabel 3,14 berarti Ha ditolak.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lempar Lembing Melalui Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016 Arsil Arsil
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 2, No 2 (2018): April
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v2i2.9591

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar lempar lembing yang didapat siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016 melalui gaya mengajar resiprokal. Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 27 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. Berdasarkan hasil tes lempar lembing sebelum siklus yang dilakukan pada siswa kelas kelas VIII A  SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016. Dari 27 siswa terdapat 5 siswa (18,51%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 40,50. Hasil dari siklus I terdapat 16 siswa (59,25%) dari 27 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 64,12. Di siklus II terdapat 23 siswa (85,18%) dari 27 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 86,80. Dapat dikatakan melalui penerapan gaya resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
ASOSIASI ANTARA INDEKS MASSA TUBUH, KEBUGARAN TUBUH BAGIAN ATAS DAN DAYA TAHAN RESPIRASI DI KALANGAN REMAJA Muhammad E. M. Simbolon; Dzihan Khilmi Ayu Firdausi
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 2, No 2 (2018): April
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v2i2.9555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara Indeks Massa Tubuh (IMT), kebugaran tubuh bagian atas, dan daya tahan respirasi remaja Kepulauan Bangka Belitung dengan rata-rata usia 18 tahun. Data dari 105 remaja dipilih secara acak dari remaja lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengikuti tes fisik pada ujian masuk prodi PJKR STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Variabel yang diukur adalah tinggi badan, massa tubuh, kinerja push-up 60 detik (daya tahan otot lengan), sit-up 60 detik (daya tahan otot perut), dan lari jarak 1000-1200 meter (daya tahan respirasi). Berdasarkan hasil analiis data penelitian ini mengungkapkan bahwa indeks massa tubuh dan daya tahan respirasi memiliki korelasi yang signifikan dengan kekuatan dan daya tahan otot lengan (thitung = 3.79 > ttabel = 1.66, thitung = 2.51 > ttabel = 1.66). Namun demikian, indeks massa tubuh dan daya tahan respirasi tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan kekuatan dan daya tahan otot perut (thitung = 0.92 > ttabel = 1.66, thitung = 0.30 > ttabel = 1.66).
MODEL PEMBELAJARAN BOLA BASKET MELALUI MODIFIKASI SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN DENYUT NADI MAKSIMAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Resta Yolanda; Asrini Nurhayu; Jovana Renaldy Gumay
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 2, No 2 (2018): April
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v2i2.9587

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran bola basket melalui modifikasi sarana prasarana untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg and Gall yang dimodifikasi dalam tahapan: 1) pengumpulan informasi melaui observasi, 2) mengembangkan produk awal, 3) evaluasi/validasi ahli, 4) uji skala kecil, 5) revisi model produk, 6) uji skala besar dan revisi, kemudian 7) hasil akhir produk/ model. Berdasarkan data hasil penelitian melalui modifikasi sarana dan prasarana pembelajaran bola basket bahwa dengan model pembelajaran ini DN siswa kelas V meningkat setelah penerapan, dari rata-rata 76.38 menjadi 127, 96 dengan total peningkatan 25 %. Hasil pengihitungan uji-t terhadap hasil penghitungan denyut nadi siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran bola basket yang telah dimodifikasi menunjukkan = 0,000 < 0,05 dan t-hitung = 19,05. Kesimpulan bahwa pengembangan model pembelajaran bola basket melalui modifikasi sarana prasarana efektif meningkatkan DN siswa kelas V sekolah dasar dari model pembelajaran yang diterapkan sebelumnya. Sehingga model pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan.
HUBUNGAN KOORDINAS MATA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN PASSING ATAS SISWA SMP NEGERI 1 LEBONG UTARA KABUPATEN LEBONG Feby Elra Perdima
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 2, No 2 (2018): April
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v2i2.9592

Abstract

Based on the observation in the field it shows that still lack of agility of ability eyes and hands coordination to passing skill student at SMP N 1 Lebong. This study aims to explain the relationship of eyes and hands coordination to the passing skill student at SMP N 1 Lebong. This research method used is correlation, with the population of this study a number of 17 athletes and samples taken by using the total sampling technique so that obtained a sample of 17 athletes. Eyes and hands coordination test and passing skill used product moment. The result of analysis shows that there is relationship between eyes and hands coordination to the passing skill is 0.78. 
PROTOTIPE MODIFIKASI ERGOCYCLE DENGAN MEMANFAATKAN SEPEDA BEKAS SEBAGAI SOLUSI PEMENUHAN KEBUTUHAN AKTIVITAS AEROBIC TUNANETRA Onyas Widianingsih; Zuraidah Zuraidah
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 2, No 2 (2018): April
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v2i2.9556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas aerobik tunanetra melalui pengembangan alat bagi siswa SLB- A kelas V, VI, VII dan VIII Karya Murni Medan Johor. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan berupa prototipe modifikasi ergocycle dengan memanfaatkan sepeda bekas disesuaikan dengan kaidah yang sesungguhnya menurut para ahli, karakterstik kebutuhan tunanetra, ketersediaan sarana serta dana oleh pihak yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB – A) Karya Murni Medan Johor juga ditinjau dari cukupnya ketersedian bahan baku pembuatan alat. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan tahapan penelitian sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validitas desain, (5) revisi desain, (6) uji coba skala kecil, (7) revisi produk, (8) uji coba skala besar, (9) revisi (penyempurnaan), (10) hasil akhir prototipe modifikasi ergocycle dengan memanfaatkan sepeda bekas sebagai solusi pemenuhan kebutuhan aktivitas aerobik tunanetra. Hasil penelitian dan pembahasan mengenai kepuasan konsumen yang tertuang dalam empat aspek yaitu; 1) keamanan, 2) kenyamanan, 3) estetika dan, 4) tampilan. Keempat aspek tersebut telah disesuaikan dengan karakteristik tunanetra sebagai konsumen pengguna alat, dan merupakan hasil dari diskusi pada ahli penjas adaptif dan ahli otomotif. Setelah dilakukan uji coba produk, maka diperoleh tingkat kepuasan sebesar 55,92% dari hasil uji coba skala kecil, dan diperoleh tingkat kepuasan sebesar 92,5% dari hasil uji coba skala besar. Disimpulkan bahwa pengembangan prototipe modifikasi ergocycle dengan memanfaatkan sepeda bekas ini mengalami peningkatan yang signifikan dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas aerobik siswa SLB - A Karya Murni Medan Johor.
PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN METODE BERMAIN MENGGUNAKAN PAPAN PANTUL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KRISTEN ABDI WACANA KOTA PONTIANAK Yaya Sukarya; Fatirul Wa’asil; Samsu Nurfalah
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 2, No 2 (2018): April
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v2i2.9588

Abstract

The problem in this research is the ability and skill of passing down technique on the game of volleyball in the students of class VIII Christian High School Abdi Wacana Pontianak is still low. Action Research This class aims to improve lower passing technique skills on volleyball games at grade VIII students Christian Junior High School Abdi Wacana Pontianak through play activities on boards. The subjects of the study were VIII students of the academic year 2014/2015 at Christian Junior High School Abdi Wacana Pontianak, amounting to 24 students. Technique of data collecting by doing direct observation and measurement technique. Data analysis techniques are qualitative and quantitative analysis. The result of the research shows that by using the bounce play method can increase the learning result. The improvement can be seen especially from: a) the learning plan every cycle is very good, b) the implementation of each cycle there is improvement based on the previous reflection, c) the learning result of the learners increased. Initial data of students who reached KKM 33.33%, in the first cycle increased to 50%, and cycle II reached 87.5%.
HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 MERANGIN Sukendro Sukendro; Isnia Zulfa
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 2, No 2 (2018): April
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v2i2.9593

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan status gizi terdapat kebugaran jasmani pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Merangin. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (x) status gizi dan Variabel terikat (y) lari 1000 meter. Sampel yang diambil dalam penetian ini yaitu siswa kelas X SMAN 10 Merangin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dengan jumlah sampel 30 orang dari sebagian jumlah populasi yang berjumlah 136 orang. Sampel didapatkan dengan teknik random sampling.   Hasil perhitungan analisis data kaidah keputusan jika thitung> ttabel berarti signifikan, sebaliknya jika thitung > ttabel berarti tidak signifikan, berdasarkan hasil yang didapat thitung 10,9840 dengan ttabel 1,70113 dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kebugaran jasmani menggunakan lari 1000 meter dan status gizi pada siswa SMAN 10 Merangin. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan status gizi terhadap lari 1000 meter pada siswa SMAN 10 Merangin.

Page 1 of 2 | Total Record : 15